Thursday, June 18, 2015

Bali: Akhirnya, Saya Jatuh Cinta


Image Rights by Hilwan El Farhana

// Originally posted at 16/04/2015

Bali? Seumur gue hidup, mimpi bisa ke Bali aja enggak. Cuma ya mimpi ke New York liat Empire States nya, jalan-jalan sekitar Arc De Triomphe dan menikmati sunset di bawah menara Eiffel itu udah gue impiin sebelum akhil baligh. Hahaha

Tapi trip awal gue ke Bali ini lah yang buat gue akhirnya jatuh cinta sama traveling. Bukan karena ikut-ikutan hippie dan kekinian, tapi dari traveling lah gue memaknai bahwa salah satu alasan Tuhan menciptakan banyak sekali tempat selain kampung halaman kita adalah untuk kita kunjungi – meski kita tahu kemana akhirnya kita harus pulang :)

Bulan ini tepat satu tahun gue mengunjungi Bali. Dan hari ini di tahun yang lalu mungkin seharusnya gue udah selesai menuliskan catatan perjalanan ini...

...
..
Yang molor sampe setahun
( -_-)/|_pemalasan_|

 
Image Rights by Hilwan El Farhana
Image Rights by Hilwan El Farhana
Kak Ricky, gue, Nandya dan Kang Hilwan full team!

Dan bahkan sebelum gue mulai story telling tentang Bali, gue udah baper sendiri. KANGEN!

Pertama Kali

Pertama kali gue kabur pergi ratusan mil dari rumah dan pertama kali pergi bareng orang yang bahkan bukan saudara dimana mau gak mau kita harus saling jaga – gimana orang tua gak overworried coba? Dari kecil ke komplek sebelah aja malumaluin dan hari itu gue bakal menyeberangi pulau? Howdy.

Ini juga pertama kali gue naik shuttle bus, pertama kali nyampe bandara, pertama kali naik pesawat juga. This might sounds so cheesy tapi hari itu gue ngerasa proud dengan kenekatan gue sendiri. Bahkan umur gue masih 18 kala itu hahaha *sungkemin dulu yang tua-tua* HAHAHAHA.

Pertama kali liat bandara, rasanya gue pengen ngampar sleeping bag disini #lah

Semua berawal dari ide gila Nandya, gue awalnya ngajak ke Tidung tapi dia ngajak ke Bali! Gue kayak yang bener iya-iya aja sampe akhirnya tiket pesawat di tangan. Sampai akhirnya ngejar-ngejar travel pagi buta dan entah sial atau untung nyampe bandara kepagian. Sampe akhirnya ngerasain take off pertama kali, dan sebelum landing gue ngintip dari jendela pesawat betapa Bali bahkan terlalu indah dari ketinggian puluhan ribu kaki.


“To my mind, the greatest reward and luxury of travel is to be able to experience everyday things as if for the first time, to be in a position in which almost nothing is so familiar it is taken for granted.”
– Bill Bryson

Ini Bali-nya sebelah mana, Bli?

Landing pukul 6 sore. Sebetulnya perjalanan udara dari Bandara Soetta ke Ngurah Rai cuma 1 jam, tapi karena perbedaan waktu WIB ke WITA, tambahan satu jam dari waktu lokal kami.

Kak Ricky, Nandya dan Kang Hilwan udah berkumpul sedangkan gue entah kenapa jalan paling belakang. Mereka sedang berbincang dengan salah seorang pria gempal bertubuh pendek. Gue masih inget setelannya pakai kemeja putih lengan pendek, celana katun warna hitam dan megang smartphone kemana-mana. Dia natap tajam ke arah gue.

Gue nyengir risih.

“Hehe..siapa ya Mas?”

“Aku.......masa depanmu........”

“..............................................”

Fak. Kok gue geli gini ngebayanginnya. Ralat ralat!

“Hehe..siapa ya Mas?”

“Gede.” sambil menjulurkan tangan.

“Oh saya Annisa.” nyari pulpen buat ngasih tanda tangan.

Setelah perkenalan canggung gue dan Bli Gede yang nantinya bakal jadi guide kita selama tiga hari di Bali, kami diantar menuju hotel yang berlokasi di Kuta Central Park.

Gue mengira kita bakal istirahat, tapi ternyata dia ngajak kita makan malam di luar dan ngasih waktu unpacked berapa belas menitan. Sial capek nih dedek pengen bobok :(

Udah malem, harusnya dedek bobok :(( – Image Rights by Hilwan El Farhana
Selesai unpacked, kami diantar ke sebuah rumah makan yang menunya ayam semua.

“Lah Kang Hilwan mana?” gue baru sadar ternyata dia gak ikut makan malam.

“Katanya sih mau keluar dulu gitu tapi gak tau mau kemana.” sahut Kak Ricky sebagai room mate nya dia.

Sampai selesai makan malam dan masuk mobil, gue sama sekali gak ngerasa udah di Bali. Satu hal yang paling authentic adalah arsitektur ukiran pura Hindu di sepanjang jalan Bypass Ngurah Rai pas perjalanan dari airport menuju hotel.

Sampai setir mobil dibelokkan ke salah satu junction di sebelah kiri, gue melihat sebuah lokasi yang mirip banget Braga di Bandung – tapi ini jelas lebih ciamik! Suara musik dugem yang disetel keras-keras, lampu kerlap-kerlip bertaburan di sisian jalan, banyak banget bule hilir mudik di trotoar.

Rame banget, hacep banget, night life banget pokoknya! Brand stores papan atas macam QuikSilver, Ripcurl, Surver Girl, Adidas ditambah banyak banget diskotik berjejeran. Gue baru ngerasa ini bukan di Bandung – malah kayak bukan di Indonesia – karena jalanan di dominasi oleh orang-orang kulit putih.

“Ini dimana Bli?” gue bertanya sambil bengong. Amazed dengan perubahan kultur yang cepet banget. Secara tadi kita baru aja makan ayam di rumah makan.

“Ini Legian.” Ujar Bli Gede sumringah.
 
Image Source from http://bit.ly/1PQx1Zx
Inget tragedi pemboman di Legian, Bali tahun 2002 lalu? Ini monumennya: Monumen Bali – Image source from: http://bit.ly/1ziZAnL
  
Kapasitas jalanan Legian yang gak gede-gede banget dan hanya muat dua mobil ditambah banyak banget orang-orang yang jalan kaki di trotoar ngebuat gue ngerasa salah banget ke Legian pake mobil. 

Harusnya kita jalan kaki nih trus masuk ke diskotik! 

PARTY MEN KITA PARTYYYYYY!!!! 

Selang kemudian, terbayang wajah Ibu dan Ayah di rumah... 

*bersambung*

4 comments:

  1. Nisaaaaa lanjutin lagi ceritanya~ Sama-sama excited ketika pertama kali traveling sendirian, pertama kali sampe bandara, pertama kali naik pesawat. Aku pun begitu wkwkwk *maap ya norak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampun dikomen sama femes blogger *flyingtothemoon* aku mah di garbarata aja udah lonjak2 sm si Nandya Tiaa, tapi gak dibahas dsn bisi tll norak hahaha. Doain ya Ti semoga lanjut ceritanya hahaha

      Delete
  2. aaaaa kangeen ngetrip bareng, kangen Bali , susah payah nabung nya wkwkwk hayu Paris! ulah kagok! *bismillah makan pake garem* :(((

    ReplyDelete

Write a comment